Keberpihakan Pemerintah Mendukung UMKM Penting Guna Penyerapan Tenaga Kerja

| Rabu, 23 Oktober 2024 | 08.09 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kembali menjadi sorotan sebagai tulang punggung perekonomian nasional, terutama di tengah tantangan ekonomi global. 


Dalam sambutannya di acara pembukaan UMKM Fest di DPR RI, Wakil Ketua DPR RI Koordiantor Bidang Kesejahteraan Rakyat, Cucun Ahmad Syamsurijal, menegaskan pentingnya keberpihakan pemerintah dalam mendukung pertumbuhan UMKM serta sumbangsih sektor ini terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing produk dalam negeri.
 
“UMKM telah menjadi kebanggaan kita semua, terutama di daerah pemilihan saya, Jawa Barat II. Mereka tidak hanya bertahan, tetapi juga terus berkembang meskipun menghadapi berbagai tantangan. Ini adalah bukti nyata bahwa sektor UMKM memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan ekonomi lokal,” ujar Cucun di Nusantara II, Senayan, Jakarta, dilansir dari laman dpr, Selasa (22/10/2024).
 
Lebih lanjut, Cucun menyinggung kebijakan di masa lalu yang mendeklarasikan industri tekstil sebagai "sunset industry". Menurutnya, langkah tersebut merusak tatanan ekonomi domestik, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja. “Tekstil adalah salah satu komoditas unggulan kita sebelum China menguasai pasar dunia. Mendeklarasikannya sebagai industri yang surut adalah kesalahan besar yang hingga kini berdampak pada tingginya angka pengangguran,” tambahnya.
 
Dalam pidatonya, Cucun juga menyoroti betapa pentingnya dukungan pemerintah terhadap industri kecil dan menengah. “Industri kecil dan menengah adalah penyerap tenaga kerja yang sangat besar. Kehadiran negara sangat diperlukan untuk memastikan bahwa sektor ini terus berkembang,” tegas Cucun.
 
Ia memberikan contoh dari kampung halamannya, yang dahulu dikenal sebagai kampung UMKM dengan berbagai produk turunan dari industri besar, seperti aksesoris otomotif dan tekstil. “Sekarang, banyak produk-produk tersebut hilang. Padahal kebutuhan akan barang-barang tersebut masih tinggi,” ujar Politisi Fraksi PKB ini.
 
Cucun juga menyebutkan bahwa negara-negara maju seperti Jepang memiliki UMKM yang kuat sebagai penopang ekonomi ketika terjadi guncangan global. 

"UMKM adalah bantalan yang melindungi ekonomi dari gejolak. Oleh karena itu, pemerintah harus serius dalam menciptakan skema-skema yang mendukung tumbuh kembangnya UMKM di Indonesia," kata Cucun.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI