Kemendag Buka-Bukaan Soal Isu Razia Barang Impor Ilegal yang Bikin Pedagang Resah

| Jumat, 26 Juli 2024 | 02.02 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internaisonal Bara Krishna mengungkap soal isu razia barang impor ilegal yang bikin pedagang resah. Bara memastikan razia yang diduga dilakukan di ITC Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang bukan merupakan aksi dari satgas pengawasan barang impor ilegal yang baru dibentuk.


“Memang kita dengar 10 hari belakangan ini ada razia di pasar dan bikin pedagang panik. Padahal Satgas ini kan baru dibentuk tanggal 18 Juli kemarin dan petunjuk teknis (Juknis) baru ditandatangani tadi, nah efektif bekerjanya Satgas ini baru minggu ini,” ujarnya dalam Business Talk yang disiarkan Kompas TV, Selasa (23/7/2024).

Bara juga mengatakan, kalaupun memang ada razia di pasar akan barang impor ilegal pasti dilakukan oleh otoritas yang berwenang. 

“Tapi yang pasti Satgas belum ada razia di pasar,” tegas Bara.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikappi Abdullah Mansuri mengungkapkan, pedagang pasar banyak yang mendapatkan video yang berisikan Bea Cukai masuk ke pasar untuk razia barang impor ilegal. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut oleh pihaknya, ternyata video yang beredar tersebut merupakan video lama yang sengaja disebar ke grup pedagang pasar untuk memperkeruh keadaan.

“Itu video lama yang disebar ke grup pedagang pasar dan ini memang dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya. Walau demikian, Abdullah meminta kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar sebelum melakukan aksi razia sebaiknya didahului dengan sosialisasi kebijakan dari pemerintah untuk para pedagang pasar.

“Apapun yang perlu disosialisasikan harus disosialisasikan ke pasar ini yang kami minta ke Kemendag,” pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, beredar video di media sosial yang menunjukkan ada razia barang impor oleh Bea Cukai di ITC Mangga Dua. Video tersebut menunjukkan seolah-olah ada razia barang impor pada 15 hingga 16 Juli 2024.

Namun hal itupun dibantah oleh Bea Cukai. “Bea Cukai tidak melakukan razia seperti dalam video tersebut,” ujar Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro dalam keterangan resminya, Jumat (19/7/2024).
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI