Kasubdis Binfung Dispenad Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

| Selasa, 23 Juli 2024 | 08.30 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Kepala Sub Dinas Pembinaan Fungsi (Kasubdis Binfung) Dispenad, Kolonel Inf Irhamni Zainal, resmi menyandang gelar Doktor pada konsentrasi Ilmu Pemerintahan dengan predikat Sangat Memuaskan. Upacara Sidang Terbuka Promosi Doktor ini berlangsung di Ruang Sidang Gedung Sekolah Pascasarjana IPDN, Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, pada Sabtu (19/7/2024).


Sidang doktoral yang dipimpin oleh Dr. Yudi Rusfiana, M.Si., dengan Promotor Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS., dan Co-Promotor Dr. Sampara Lukman, MA., serta Dr. Drs. Andi Azikin, M.Si., dihadiri oleh enam penguji, yaitu Dr. Yudi Rusfiana, M.Si.; Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si.; Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si.; Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy, M.Pd.; Prof. Dr. Drs. Kusworo, M.S.; dan Dr. Stanislaus Riyanta, S.Si., M.Si.

Dalam disertasinya yang berjudul “Peran Intelijen dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta”, Kolonel Irhamni mengungkapkan pentingnya peran intelijen dalam pemerintahan. Ia menekankan bahwa keberhasilan intelijen adalah bentuk pengabdian terbaik, yang tidak dapat diukur maupun menjadi kebanggaan duniawi bagi insan intelijen. Sesuai filosofi insan intelijen “Berhasil Tidak Dipuji, Gagal Dicaci Maki, dan Hilang Tidak Dicari.”

Kolonel Irhamni juga menjelaskan filosofi simbol mata dalam intelijen, yang mencerminkan kemampuan untuk melihat hingga aspek terdalam.

“Indra yang paling hitam yang mampu melihat sampai ke aspek-aspek terdalam. Menurut ilmu psikologi, mata melambangkan isi hati sehingga intelijen harus dapat menembus batas dan dapat menentukan niat serta cara bertindak,” tambahnya.

Setelah sidang, Kolonel Irhamni, didampingi oleh istrinya, Ny. Irma Lidya Shahab, dan keluarganya, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ketua Sidang, Promotor, Co-Promotor, dan para penguji.

“Saya ucapkan terima kasih atas kebaikan bapak-bapak dan ibu yang telah diberikan kepada saya dan keluarga, sehingga saya dapat menyelesaikan program Doktor ini dengan baik dan lancar. Semoga disertasi ini memiliki manfaat bagi lingkungan akademik, praktisi, maupun militer,” ujarnya.

Dr. Yudi Rusfiana, M.Si., Wakil Rektor Sekolah Pascasarjana IPDN, dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Kolonel Irhamni atas prestasi yang dicapainya yaitu predikat Sangat Memuaskan.

Kolonel Irhamni Zainal menjadi Doktor ke-287 dari program Doktor Sekolah Pascasarjana IPDN. Sekaligus menambah panjang deretan lulusan berkualitas dari konsentrasi Ilmu Pemerintahan.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi beserta istri, Asintel Kaskostrad, para Kasubdis Dispenad, pejabat IPDN, dan kerabat Kolonel Irhamni Zainal. 


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI