Lebih dari 100 Senator Dukung LaNyalla Kembali Pimpin DPD

| Selasa, 25 Juni 2024 | 08.10 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris bersama lebih dari 100 anggota DPD RI petahana yang kembali terpilih dan anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 menyatakan dukungannya kepada AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Nono Sampono, Elviana dan Tamsil Linrung sebagai Paket Pimpinan DPD RI lima tahun kedepan atau periode 2024-2029. Dukungan yang dinyatakan dalam deklarasi yang dihelat di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat Ahad sore (23/6) ini menjadi langkah awal penguatan fungsi DPD RI sebagai perwakilan territorial agar manfaatnya lebih besar lagi dirasakan oleh masyarakat di daerah.


“Tujuan deklarasi ini, bukan semata-mata soal dukung mendukung Paket Pimpinan DPD RI lima tahun kedepan, tetapi mempunyai tujuan yang jauh lebih besar. Kita tahu bersama, agenda penguatan DPD RI agar semakin kokoh merealisasikan aspirasi daerah, tantangannya cukup besar. Oleh karena itu, lembaga ini idealnya dipimpin oleh sosok-sosok pendobrak. Berbagai terobosan yang sudah berjalan lima tahun terakhir ini harus dilanjutkan dan dikuatkan lagi. DPD RI butuh banyak terobosan,” ujar Fahira Idris.

Fahira Idris mengungkapkan, sebagai lembaga perwakilan rakyat yang lahir dari semangat reformasi, selama lima tahun memimpin DPD RI, LaNyalla berhasil melakukan pembenahan dan penguatan, sehingga DPD RI semakin responsif dan efektif menjalankan amanat rakyat. Saat ini DPD RI mampu memosisikan menjadi lembaga perwakilan rakyat yang sangat responsif menyuarakan keresahan publik dan terdepan berjuang menyelesaikan berbagai problem rakyat di daerah.

Selama lima tahun terakhir ini juga, agenda memperkuat posisi DPD RI dalam sistem ketatanegaraan Indonesia semakin progresif dan mendapat dukungan luas dari berbagai elemen masyarakat. Kinerja yang semakin efektif inilah yang menjadi salah satu faktor DPD RI menempati posisi ketiga sebagai lembaga negara yang mendapat penilaian positif dari publik berdasarkan survei Litbang Kompas baru-baru ini.

“Tentunya, capaian kemajuan DPD RI ini harus terus dirawat bersama-sama. Agenda besar DPD RI kedepan yaitu menjadikan diskursus penguatan DPD sebagai wacana publik sehingga semakin mendapat dukungan luas dari rakyat, membutuhkan sosok kepemimpinan yang berani melakukan terobosan dan memiliki jaringan yang luas, dan itu semua sudah dibuktikan oleh keempat sosok ini,” pungkas Fahira Idris.

Selain dihadiri anggota DPD RI petahana yang kembali terpilih dan anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029, acara deklarasi ini juga dihadiri beberapa tokoh nasional, diantaranya Wakil Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Mantan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Mantan Anggota DPD RI yang kini Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Djan Faridz dan Mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Sementara Anggota DPD RI Dapil Jawa Barat terpilih yang juga komedian Alfiansyah Komeng menjadi host acara deklarasi. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI